Protokol Proses Belajar di Sekolah saat New Normal di Bekasi, Bawa Bekal hingga Screening Kesehatan

 Protokol Proses Belajar di Sekolah saat New Normal di Bekasi, Bawa Bekal hingga Screening Kesehatan

Inilah skenario proses belajar mengajar di sekolah saat new normal di Bekasi. Kota Bekasi akan menerapkan new normal atau kenormalan baru setelah masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir. Saat ini sejumlah daerah di Indonesia sedang mempersiapkan kehidupan baru atau new normal pasca Covid 19.

Pemerintah juga sudah menyusun skenario tahapan untuk menerapkan new normal di Indonesia. Tahapan ini guna memulihkan perekonomian yang sempat lumpuh saat pandemi Covid 19. Seperti yang diketahui, skenario new normal tengah ramai diperbincangkan publik akhir akhir ini.

New normal sendiri mengacu kepada pola hidup normal baru dalam menghadapi pandemi corona. Saat new normal diterapkan, maka secara bertahap sektor ekonomi kembali digerakkan. Begitu juga dengan sektor pendidikan.

Akan kembali diberlakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan merapkan protokol pelaksanaan pencegahan Covid 19. Rencananya, kegiatan belajar mengajar 2020/2021 akan dimulai pada bulan Juli minggu kedua. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah mengatakan, saat ini pihaknya tengah mensosialiasikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selama new normal ke orangtua murid dan juga guru.

Protokol pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam ruang kelas pada masa new normal ini tertuang dalam Keputusan Wali (Kepwal) Kota Nomor 420/Kep.346 Disdik/V/2020. Lalu bagaimana protokol saat proses kegiatan belajar mengajar di kelas? Selain itu, ada pula sejumlah hal yang harus dipersiapkan sekolah menjelang kegiatan belajar mengajar kembali di sekolah dengan kondisi new normal.

Melakukan Identifikasi zona tempat tinggal guru dan karyawan. Jika tinggal di zona merah disarankan di lokasi sekolah dekat tempat tinggal Menetapkan materi informasi, komunikasi dan edukasi terkait pencegahan penyebaran covid 19 di tempat tempat yang mudah dilihat oleh seluruh warga satuan pendidikan dalam bentuk pamflet atau spanduk Tutup tempat bermain atau tempat berkumpul dan kantin

Menjaga kebersihan kelas, meja dan kursi belajar dengan menyemprotkan disinfektan setiap hari Sekolah bekerjasama dengan Puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan secara berkala mengikuti jadwal dari Puskesmas