Pentingnya Membangun Budaya Membaca Sejak Dini pada Anak

 Pentingnya Membangun Budaya Membaca Sejak Dini pada Anak

Pentingnya Membangun Budaya Membaca Sejak Dini pada Anak

Membaca merupakan salah satu cara memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia. Namun, minat baca tidak bisa tumbuh begitu saja sehingga perlu mengenalkan budayanya sejak dini kepada anak-anak. Gerakan tersebut memang penting sehingga banyak pihak yang mendukung termasuk Tanoto Foundation.

Mengenal Pentingnya Budaya Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Sayangnya minat baca di indonesia masih sedikit. Oleh karena itu perlu menciptakan budaya tersebut sejak dini. Apalagi mengingat ada beberapa manfaat penting membaca bagi anak yaitu:

  1. Membaca Dapat Melatih Konsentrasi

Saat membaca anak-anak perlu memusatkan fokus dan perhatiannya cukup lama. Secara tidak langsung suasana seperti itu ‘memaksa’ si kecil untuk tetap berkonsentrasi  agar bisa memahami dan menerima informasi tertulis. Mengajaknya memebaca sejak dini akan melatih kemampuan konsentrasinya.

  1. Membangun Konsep dan Analisis

Anak-anak yang memperoleh informasi karena membaca memiliki kesempatan memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk memadukan ide, membuat analisa dan menyusun sebuah konsep.

  1. Mengembangkan Kreatifitas dan Imajinasi

Ketika budaya membaca sudah tertanam dalam diri anak, maka ia akan menerima informasi yang semakin variatif. Rasa ingin tahunya pun meningkat sehingga mengembangkan imajinasi dan kreatifitas si kecil untuk melakukan inovasi serta mempelajari hal-hal baru.

Mengapa Harus Membangun Budaya Membaca Sejak Dini?

Budaya membaca tidak serta merta tumbuh sekaligus dalam diri seseorang begitu saja. Anda perlu memupuknya sejak dini ketika anak masih mudah menerima stimulus dari luar terutama lingkungan keluarga.

Sebab, orang tua dengan minat baca tinggi pasti akan memberikan kebiasaan yang sama kepada anak-anaknya. Jika sejak dini sudah terbiasa melakukan maka anak-anak akan menjadikannya sebagai sebuah kebutuhan.

Terlebih membaca termasuk ilmu dasar memulai proses belajar mengajar sehingga berpengaruh pada kualitas wawasan dan pengetahuannya. Budaya membaca bisa menjadi investasi besar bagi pertumbuhan si kecil.

Itulah pentingnya membangun budaya membaca sejak dini pada anak. Merangsang minat baca anak-anak merupakan tanggung jawab para orang tua. Jika minat baca si kecil sudah mulai meningkat jangan lupa mendampinginya untuk memastikan buku yang dibaca tepat sesuai dengan usianya.