Manfaat Metode Tiup-tiup Selama Melahirkan

 Manfaat Metode Tiup-tiup Selama Melahirkan

Pada awal tahun 2021, metode melahitkan tiup-tiup yang digagas oleh Bidan Novelia Damanik menjadi viral. Berawal dari unggahan penjelasan metode melahirkan tiup di media sosial Bidan Novel. Video tersebut mendapat perhatian banyak orang, terutama ibu-ibu hamil yang sedang bersiap untuk melahirkan.

Pasalnya, Bidan Novel menjelaskan bahwa cara ini dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan.  Melahirkan Tiup-tiup yang sempat viral di awal tahun 2021 adalah teknik pernapasan. Latihan pernapasan yang dilakukan dengan metode persalinan tiup-tiup ini memiliki pola yang berulang.

Pola yang teratur dan teratur inilah yang membawa manfaat bagi ibu bersalin.

Apa Saja Manfaat Melakukan Metode Tiup-tiup?

  1. Membuat ibu lebih rileks

Tentunya banyak ibu-ibu yang mengetahui bahwa metode persalinan tiup memiliki manfaat membuat Anda lebih rileks. Tapi, Moms juga perlu tahu apa itu tiup dan relaksasi saat melahirkan.

Menurut dr. UF, metode melahirkan tiup-tiup ini mirip dengan metode hypnobirthing yang bertujuan agar ibu melahirkan lebih rileks dan santai.

  1. Melahirkan agar tidak sakit

Ketika ibu rileks, dua hal akan terjadi, yaitu otot ibu akan rileks dan endorfinnya akan meningkat. Dengan begitu, rasa sakit bahkan robekan pada vagina yang Anda takutkan ketika melahirkan tidak akan terjadi.

Metode pernapasan berpola ini juga penting untuk meminimalisir terjadinya kontraksi yang palsu. Kontraksi palsu merupakan kondisi ketidaknyamanan akibat kontraksi, namun belum saatnya Anda melahirkan.

Pada akhir trimester ketiga, Anda akan mengalami kontraksi mendadak lebih sering, menandakan bahwa sudah hampir waktunya untuk melahirkan.

  1. Paru-paru bekerja dengan sangat baik dan menghindari hiperventilasi

Saat melahirkan, dokter dan bidan selalu berusaha agar ibu hamil tidak panik. Hal ini tentunya juga dibutuhkan oleh ibu-ibu yang lahir sendiri agar tetap rileks dan selama persalinan. Jika Anda tidak rileks, maka kembangkan paru-paru Anda menjadi teratur.

  1. Bengkak saat melahirkan

Karena membuat Moms lebih rileks, pernapasan yang baik, termasuk metode tiup ala Bidan Novel ini, meminimalisir kegagalan persalinan. Dari pengalaman dr. UF, ibu-ibu sering beranggapan bahwa mereka perlu mengejan dengan cepat karena kontraksi yang mereka rasakan, padahal masih belum waktunya.