Kami menyimpulkan bahwa untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam les bahasa Inggris pada tahap tertentu, akan sangat bermanfaat untuk menggunakan lingkungan asing interaktif yang tidak hanya membutuhkan mendengarkan tetapi juga memberikan umpan balik situasional yang konstan. Cara paling sederhana untuk mendapatkan akses ke salah satu lingkungan tersebut, adalah mengambil pelajaran dengan guru asing profesional. Tetapi apakah benar-benar perlu menggunakan kelas berbayar profesional? Lagi pula, ada banyak klub percakapan Skype gratis di Internet tempat orang-orang dari seluruh dunia berkomunikasi satu sama lain.

Kecuali untuk beberapa penggemar langka, mayoritas pengguna klub Skype pergi ke sana bukan untuk MENGAJAR tetapi untuk pelatihan Bahasa Inggris. Ada perbedaan mendasar antara kedua istilah ini. Karena kurangnya metodologi, sesi percakapan dapat dengan cepat berubah menjadi jenis dialog serupa yang membahas topik yang sama berulang-ulang: “Siapa namamu?”, “Dari mana asalmu?”, “Dimana Anda bekerja/belajar?”, “Hobi-hobi kamu”. Hal ini tentu saja dapat sangat membatasi kemajuan dan menurunkan motivasi seorang siswa.

Faktor negatif lainnya adalah aksen orang-orang yang berasal dari berbagai negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa ibu. Sangat umum untuk berdiskusi dengan seseorang yang pengucapannya jauh dari standar asli yang harus dituju semua orang saat belajar bahasa Inggris. Faktor ini dapat diabaikan meskipun jika tujuan utama menghadiri layanan percakapan tersebut adalah untuk mempersiapkan aksen negara tertentu (misalnya, untuk mengadakan pertemuan bisnis dengan mitra dari negara tertentu di mana bahasa Inggris bukan bahasa ibu).

Tidak jarang klub Skype percakapan akses gratis tidak memiliki organisasi yang tepat dari proses pembelajaran, kurangnya program/metode pendidikan dan sangat sering tidak memiliki dukungan pelanggan juga. Karena itu, proses belajar pada suatu saat berubah menjadi sesuatu yang kacau dan bukannya sistematis. Mempertimbangkan hal-hal di atas, kursus singkat bahasa inggris secara offline masih menjadi juaranya.