Mobil Honda HRV bekas bisa menjadi salah satu pilihan jika Anda ingin memiliki kendaraan roda empat dengan budget terbatas. Tampilannya cukup modern sehingga tampak memikat. Supaya lebih yakin, sebelum memutuskan untuk membeli ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu di bawah ini.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Honda HRV Bekas?

Simak beberapa kelebihan dan kekurangan berikut ini:

Kelebihan Mobil Honda HRV

  1. Desain Elegan

Mobil Honda HRV tampak sporty dengan bagian depan yang memadukan model gril besar dan aksen krom memanjang dari sisi kiri hingga kanan. Tepat di tengah terdapat logo H. Kendaraan ini telah mengadopsi lampu projector LED sehingga mampu mempertegas kesan mewah.

Selain itu di bagian bawahnya juga terdapat LED DRL warna putih. Anda bisa memfungsikannya sebagai lampu senja maupun kabut saat malam hari. Menggunakan bahasa desain stand out design membuat Honda HRV tampak mewah baik dari sisi depan maupun belakang.

  1. Interior Mewah

Bagian dalam mobil ini mengusung kombinasi warna hitam dan aksen abu-abu. Penggunaan material kulit dapat memberikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpangnya. Pengaturan joknya pun lengkap bisa naik turun, maju mundur hingga tinggi rendah.

  1. Hadir Dalam Beberapa Varian

Sebenarnya kendaraan ini tersedia dalam 5 varian yaitu S MT, S CVT, E CVT, E CVT edisi spesial dan 1.8 prestige. Namun, karena Anda membeli mobil HRV bekas tentu saja pilihannya lebih terbatas sesuai yang ada di pasaran. Mesin mulai dari tipe S hingga E berkapasitas 1500 cc sedangkan prestige 1800cc.

Meskipun terdapat perbedaan pada kapasitas mesinnya namun dimensinya sama yaitu panjang 4.294mm, lebar 1.772mm dan tinggi 1580mm. Ukuran Honda HRV memang termasuk dalam mobil kompak yang dapat Anda andalkan untuk jalanan cukup sempit.

  1. Kaya Fitur

Honda HRV menawarkan fitur yang cukup lengkap untuk ukuran mobil crossover. Beberapa diantaranya yaitu terdapat sabuk keselamatan pada baris pertama dan kedua serta seatbelt reminder. Selain itu juga memiliki ISOFIX & Tether, Vehicle stability Assist, Hill Start, Emergency Stop Signal, Brake Override System dan lain-lain.

Sistem multimedia yang terpasang juga cukup lengkap. Mulai dari floating capacitive touchscreen 8 inch yang dapat terhubung ke smartphone, sebagai display kamera parkir hingga tersedia konektivitas bluetooth, USB bahkan AUX dengan audio steering switch di kemudi dan masih banyak fitur lainnya.

Kekurangan Mobil Honda HRV Bekas

  1. Tarikan Kurang

Kekurangan ini ada pada Honda HRV karena mengandalkan transmisi CVT yang cenderung lebih lambat daripada matik konvensional. Selain itu ukuran body low SUV terbilang cukup besar sehingga beberapa pemilik pun merasa bahwa tarikannya kurang.

Meskipun begitu jika membeli Honda HRV bekas maka Anda bisa mengatasi kekurangan ini dengan remap ECU supaya tarikannya lebih agresif seperti mobil Jazz.

  1. Kaki-kaki Sedikit Keras

Saat melintasi jalanan bergelombang atau speed dump bantingannya terasa cukup keras. Jikaa membandingkannya dengan CRV atau Freed maka suspensi Honda HRV terbilang sedikit lebih hard.

  1. Tombol Start Stop Bermasalah

Beberapa pemilik mengeluhkan masalah tombol start stop mobil Honda HRV yang cukup sering nyangkut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena solusinya yaitu dengan menggunakannya secara benar.

Saat menghidupkan mesin sebaiknya memencetnya sebanyak 2 kali lalu baru pencet sekali lagi bersamaan dengan menginjak rem. Cara ini bisa membuat tombol start stop lebih awet tanpa perlu menahannya hingga mobil menyala.

  1. Warna Door Trim Mudah Kotor

Warna interior cerah memang beresiko memiliki kelebihan lebih mudah kotor. Sedangkan mobil Honda HRV sendiri menggunakan fabric berwarna krem terang. Meskipun begitu Anda bisa mengakalinya dengan melapisi bagian tersebut memakai bahan kulit yang gelap.

  1. Saat Menikung Terdengar Bunyi Gluduk-gluduk

Pemilik Honda HRV yang membelinya tahun 2015 mengaku merasakan pengalaman ini saat melewati tikungan. Bunyi tersebut berasal dari as roda depan karena memang termasuk tipe mobil penggerak roda depan atau FWD. Sebenarnya tidak bahaya namun beberapa merasa kenyamanannya terganggu.

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Honda HRV bekas. Namun, pada dasarnya kendaraan ini lebih banyak menawarkan keunggulan daripada kelemahan yang ditemukan. Oleh karena itu versi secondnya masih cukup layak menjadi pertimbangan.