Ingin Aman Saat Ikut Lelang? Perhatikan 3 Hal Ini

 Ingin Aman Saat Ikut Lelang? Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam proses jual beli barang misalkan kendaraan mobil maupun motor tentu setiap orang menginginkan rasa aman, termasuk juga dalam hal proses lelang. Apalagi sekarang lelang sudah mulai banyak peminatnya karena banyak keunggulannya. Selain faktor harga yang murah, setiap orang yang memutuskan ikut lelang tentu mengutamakan keamanan karena ini menjadi hal yang penting. Apalagi sekarang juga banyak oknum yang tentu tidak memiliki rasa tanggung jawab dengan melakukan penipuan terhadap peserta lelang. Berikut ini juga ada 3 hal yang bisa jadi perhatian agar merasa aman ketika mengikuti proses lelang apa saja.

lelang

 

 

Lebih teliti terhadap informasi lelang

 

Biasanya informasi lelang resmi akan ditampilkan langsung di website resmi atau pun aplikasi dengan penjelasan yang lengkap dan sumber yang jelas sehingga orang bisa langsung percaya dengan adanya lelang tersebut. Sebaiknya jangan langsung percaya jika ada informasi lelang tanpa adanya sumber yang jelas dan menemukan informasi bukan pada akun yang resmi. Hati-hati juga jika ada oknum yang menghubungi melalui pesan tentang informasi lelang dan menawarkan harga yang sangat murah, sebaiknya jangan langsung percaya terhadap informasi seperti itu.

 

Jangan tergoda oleh janji manis

 

Setiap oknum akan terus berusaha untuk memperdaya orang-orang yang tertarik ikut lelang dengan memberikan banyak janji manis. Salah satunya berjanji akan membantu peserta agar bisa menang dalam sebuah pelelangan. Padahal pemenang lelang itu berdasarkan penawaran paling tinggi yang diajukan peserta saat berlangsungnya lelang. Jika ada orang yang menjanjikan hal seperti itu, maka kemungkinan besar adalah oknum penipu. Sistem lelang juga terbuka jadi siapa saja bisa ikut dan bisa mengajukan penawaran sehingga tidak bisa diatur siapa pemenangnya.

 

Pastikan transfer uang ke rekening resmi

 

Penipu tentunya melakukan penipuan karena mengharapkan peserta mau transfer uang kepada rekening miliknya. Alasannya sebagai tanda jadi atau down payment agar bisa memenangkan sebuah lelang. Padahal dalam lelang, tidak ada yang namanya down payment tetapi yang ada adalah uang jaminan sebagai syarat untuk jadi peserta. Untuk menghindari hal ini, peserta harus waspada dan memastikan setiap transfer uang ke rekening resmi balai lelang dan bukan rekening pribadi.

 

Tertarik ikut lelang online melalui smartphone? sekarang juga download aplikasi IBID, aplikasi resmi dari balai lelang IBID yang masuk ke dalam grup Astra. Aplikasi ini menawarkan semua kebutuhan masyarakat terkait lelang mulai dari jadwal, daftar unit lelang tersedia, dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa fitur metode lelang seperti flash auction, live auction, dan timed auction. Terdapat juga fitur market auction price untuk menghitung harga dasar kendaraan yang akan dimasukkan ke lelang dan layak dibeli oleh peserta. Jika masih penasaran dengan aplikasi IBID, yuk langsung download melalui toko aplikasi seperti Play Store serta App Store.