Penyakit asam urat bisa berbahaya bila tidak ditangani dengan baik. Hal yang lebih parah bisa terjadi bila asam urat dibiarkan begitu saja, misalnya kerusakan pada sendi, batu ginjal, jantung coroner, hingga diabetes. Untuk itu, Apabila anda mengalami gejala seputar penyakit asam urat, maka anda harus berhati-hati ketika mengonsumsi makanan.

Anda sebaiknya memilih makanan yang bisa menurunkan asam urat dan juga menghindari makanan yang berpotensi meningkatkan asam urat. Agar asam urat tidak naik, anda harus menghindari makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi.

Purin sebenarnya merupakan zat alami yang ada dalam tubuh manusia, namun purin juga terdapat dalam beberapa makanan. Apabila anda mengonsumsi makanan tersebut, tentu saja kadar purin dalam tubuh anda akan meningkat.

Nah, purin tadi biasanya akan diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Jadi semakin sering anda mengonsumsi makan yang mengandung purin maka pemyakit asam urat anda akan semakin parah. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung banyak purin yang harus anda hindari agar asam urat tidak naik :

Apa Saja Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Penderita Penyakit Asam Urat?

 

  1. Daging Merah

Daging merah yang terdapat pada sapi atau kambing, dimana daging ini memiliki protein yang tinggi dan sangat bagus untuk pembentukan tulang maupun untuk mengganti sel-sel yang rusak. Namun daging merah sangat tidak cocok bagi dan tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Daging merah memiliki kadar purin yang tinggi yang bisa meningkatkan asam urat anda.

  1. Jeroan

Hati sapi, otak sapi, hati ayam,, dan usus ayam merupakan beberapa jeroan yang sering dikonsumsi. Rasanya memang sangat lezat, namun makanan ini sangat tidak sehat bila dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kolesterol, penyakit jantung, hingga penyakit stroke. Selain itu, jeroan juga memliki kadar purin yang tinggi sehingga bisa meningkatkan asam urat.

  1. Seafood atau Makanan Laut

Makanan berikutnya yang perlu dihindari oleh penderita asam urat ialah seafood atau makanan laut. Meskipun makanan ini dapat menciptakan rasa yang  lezat dan nikmat, namun bila anda memiliki asam urat yang tinggi, maka sebaiknya hindari mengonsumsi seafood atau makanan laut.

Aneka seafood seperti lobster, tuna, kepiting, sarden ternyata memiliki kadar purin yang tinggi. Sehingga makanan jenis ini sangat tidak cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Meskipun begitu, ternyata ada makanan laut yang bernutrisi dan memliki kadar purin rendah, yaitu ikan salmon.

  1. Kangkung

Kangkung sebenarnya makanan yang bagus untuk kesehatan tubuh, diantaranya menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, mengatasi anemia, hingga melindungi organ hati atau liver dari racun maupun zat sisa. Meskipun begitu, ternyata kangkung memiliki kadar purin yang tinggi sehingga kangkung tidak cocok untuk dikonsumsi bagi anda yang menderita penyakit asam urat.

  1. Makanan Olahan

Penderita asam urat harus menghindari makanan olahan yang memiliki kandungan purin tinggi, diantaranya sarden, abon, kornet, dendeng, hingga daging cincang. Jangan berlebihan bila mengonsumsi makanan olahan karena snagat tidak baik untuk kesehatan kita, salah satunya bisa menyebabkan penyakit asam urat.

Nah, itulah beberapa makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Makanan tersebut harus dihindari oleh seseorang yang menderita penyakit asam urat. Dengan begitu, seseorang yang menderita penyakit jenis ini akan dapat di atasi dengan mudah.