Cara atasi bayi cegukan adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Itu semua dapat diatasi dengan beberapa cara yang akan sangat mudah untuk dilaksanakan. Perlu diketahui bahwa dalam hal ini ada beberapa faktor penyebab mengapa bayi bisa mengalami cegukan. Dan semua penyebab terseut tetap bisa Anda atasi dengan menggunakan langkah-langkah tertentu.

Penyebab Bayi Cegukan

Sebenarnya bayi sudah bisa mengalami cegukan sejak berada dalam kandungan si ibu. Saat janin sudah berusia 6 bulanan, lebih jelasnya ketika organ paru-parunya mulai mengalami perkembangan.

Cegukan janin itu bisa dirasakan oleh si ibu yang tengah mengandungnya. Biasanya rasanya seperti denyutan halus pada area tonjolan perut. Pada saat janin cegukan, itu bisa terjadi karena adanya kontraksi pada bagian diafragma atau otot utama system pernapasan.

Akan tetapi para dokter dan ahli kesehatan meyakini bahwa itu semua dapat terjadi karena proses menyusui, atau bisa jadi karena proses perubahan suhu. Namun, dengan kondisi seperti ini Anda juga tidak perlu khawatir saat bayi sedang cegukan.

Karena tidak ada penyebab yang membahayakan bayi tersebut juga. Berbeda lagi jika intensitas cegukan lebih sering dan dapat mengganggu aktivitas tidur si bayi. Jika hal tersebut terjadi, maka perlu dilakukan penanganan khusus dari dokter.

Jika si bayi mengalami gerd atau refluks pada area lambungnya. Hal itu juga bisa menjadi faktor penyebab dari cegukannya. Anda tidak perlu mengkhawatirkan cegukan yang terjadi pada bayi. Semua itu sama sekali tidak akan membahayakan bayi Anda tersebut. Karena hal tersebut bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Berikut ini adlaah beberapa cara yang bisa anda lakukan, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Cegukan pada Bayi ?

  1. Berhenti Menyusui dan Menunggu Hingga Cegukan Reda

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan berhenti menyusui untuk sementara waktu. Setelah cegukan reda, maka Anda bisa mulai untuk menyusui bayi Anda kembali. Atau bisa juga dengan mengganti posisi menyusui.

Anda dapat membantu bayi untuk dapat bersendawa dengan cara memberikan tepukan halus pada area punggungnya atau menenangkannya dengan mengelus-elusnya saat sedang menyusui.

  1. Ganti Rutinitas Menyusui

Jika bayi Anda sering mengalami ceguka pada waktu menyusui, maka Anda bisa mencoba untuk mengurangi takaran susu yang diberikan kepada bayi tersebut. Namun, tambahkan sesi menyusuinya yang sesuai dengan takaran awal.

Hal tersebut akan membantu dalam mengurangi kemungkinan udara yang tertelan yang menjadi sebab cegukan pada bayi tersebut.

  1. Memperbanyak Usaha untuk Membuat Bayi Bisa Sendawa

Anda bisa memperbanyak usaha untuk dapat membuat bayi Anda bisa bersendawa. Anda bisa melakukannya sesering mungkin dan mengusahakannya bisa bersendawa lebih sering juga. Contohnya saat sudah meminum asi sebanyak 30 – 60 ml atau lebih daripada itu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat membantu mengurangi jumalah intensitas bayi cegukan.

Sekian sedikit informasi yang dapat kami jelaskan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk atasi bayi cegukan. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat bayi tidak cegukan lagi dalam waktu yang lama.

Namun, penyebab cegukan pada bayi sendiri tidak bisa dihindari. Semua itu bisa terjadi karena adanya banyak faktor dan juga resiko yang ada di lingkungan sekitar. Untuk itu Anda juga harus bisa menemukan kemungkinan terbaik yang bisa membuat bayi tidak mudah mengalami cegukan dan meniminalkan terjadinya hal tersebut.